Pengasuhan Anak : Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak

 Pengasuhan Anak : Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak


Pengasuhan Anak : Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak

Ikuti berita lainnya di Google News


Pengasuhan Anak

Anak dan Orangtua
Anak sebagai aset generasi estafet suatu keluarga menjadi perhatian orangtua. Berawal darinya peradaban dipengaruhi sumber daya manusia. Menjadikan perhatian penting semenjak anak di dalam kandungan atau semenjak dini. Baik dan buruknya keluarga, generasi bangsa dipengaruhi oleh pembentukan pendidikan anak dalam suatu keluarga. Kebutuhan perhatian terhadap anak menjadi pintu awal harapan membangun dan membentuknya sehingga inilah momen penting setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi perhatian bersama terutama orang tua sebagai lingkungan pribadi pembentuk anak.

Anak merupakan generasi bangsa semenjak dalam kandungan sampai usia 18 tahun. Bimbingan dan pengarahan keluarga di dalamnya ada orang tua tentunya sebagai titik fokusnya.

Pengasuhan Anak

Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak

Anak dan Orangtua
Pengawasan orangtua terhadap anak menjadi kebutuhan serta perhatian penting tidak bisa dipandang sebelah mata, diremehkan keberadaannya. Keluarga menjadi rumah utama pendidikan dan pengawasan orangtua karena hampir sebagian besar waktunya dibentuk di keluarga sebagai pembentuk kepribadian inti. Pengasuhan anak serta pendidikan anak di dalamnya pengawasan tiada terpisahkan, pemilihan lingkungan pergaulan anak bisa dipengaruhi oleh arahan juga didikan orangtua di dalamnya.

Aktifitas sesibuk apa pun orang tua menjadi kebutuhan terus memberikan perhatian pengawasan terhadap anak, pengawasan bukan berarti membatasi anak, tetapi memberikan ruang anak diskusi terhadap arahan dan bimbingan orang tua. Setiap aktifitas anak mulai pertumbuhan dan perkembangan dimonitoring secara mendalam, misalnya asupan gizi, pendidikan anak, bermain anak, pemilihan teman sebagai media anak bersosialisasi dengan lingkungan terdekat anak.

Setelah anak sekolah mereka anak-anak akan kembali kepada keluarga dan orang tua. Resep ampuh menanamkan kebaikan akhlaq dan pendidikan bagi anak-anak. Inilah perhatian di dalamnya pengasuhan anak.


Pengasuhan Anak

Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak

Anak dan Orangtua
Semoga anak hebat berakhlaq mulia dihasilkan dari pengawasan yang terkontrol dari orang tua di rumah sebagai bagian terdekat anak. Pengasuhan anak menjadi pintu gerbang membentuk kelekatan anak dengan orang tua atau lingkungan terdekat anak.

Pengasuhan Anak : Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak (Ilustrasi gambar : Pexels)
Pengasuhan Anak :
Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak
(Ilustrasi gambar : Pexels)


Next Post Previous Post
12 Comments
  • Mini Food
    Mini Food 1 May 2023 at 19:28

    Pengasuhan memang penting sekali diperhatikan. Meskipun sibuk, anak adalah aset dunia dan akhirat. Banyak remaja berbuat hal tidak terpuji lantaran terlalu lama tidak mendapatkan perhatian dan pendidikan orang tua.

  • Annisa Tang
    Annisa Tang 1 May 2023 at 22:02

    Betul banget. Tapi kendala setiap orang tua dalam mengasuh anak adalah ketika ada pengaruh pola asuhan lain seperti masih menumpang tinggal di rumah orang tua. Anak bungsu saya selalu bikin saya kewalahan dimana sejak dia bayi, kami mulai menumpang di rumah ortu saya kembali dengan kedua ponakkan saya juga si dalamnya. Berbeda dengan kakaknya yang sewaktu masih balita pure menjalankan pola asuh saya saja. Heheheee ...

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 2 May 2023 at 04:54

    Zaman sekarang ini kalau menurut saya mengasuh anak itu merupakan tantangan besar bagi orag tua. Zaman telah berubah dan makin banyak anak mudah menerima informasi sehingga orangtua harus benar-benar mendampingi

  • Masruhin Bagus
    Masruhin Bagus 3 May 2023 at 05:46

    Pengasuhan anak yg benar sesuai tahapan perkembangan anak. Ini yg kadang jarang diketahui ilmunya oleh orang tua. Akhirnya terjadilah pola asuh yg salah. Dampaknya anak mengalami gangguan fisik maupun psikis atau cacat mental

  • Susi Susindra
    Susi Susindra 3 May 2023 at 19:56

    Harus bener2 diawasi sesibuk apapun. Makanya saya memilih bekerja di rumah saja. Saya sulit percaya saat menitipkan anak untuk 'selamanya kerja' kecuali gajinya bisa untuk bayar pengasuh yang punya pendidikan untuk itu.

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 3 May 2023 at 20:07

    Memang benar tugas orang tua itu tidaklah mudah. Selain mendidik anak, orang tua pun perlu mengawsi anaknya. Kadang pergaulan di luar juga nggak baik, anak bisa kebawa dengan lingkungan sekitarnya

  • Blog Guru Supadilah
    Blog Guru Supadilah 4 May 2023 at 04:01

    Mengasuh anak perlu pengetahuan yang terus diperbarui.. mudah2an bisa sabar dan banyak wawasan lagi sebagai bekal menemani tumbuh kembang anak..

  • mardanurdin.com
    mardanurdin.com 8 May 2023 at 20:57

    Gaya pengasuhan anak setiap keluarga berbeda-beda tergantung dari sudut pandang setiap orang tuanya, tapi memang pengasuhan anak ini sangat pemting buat perkembanganental dan karakter anak ke depannya.

  • Eka FL
    Eka FL 11 May 2023 at 07:13

    pengasuhan anak dan pengawasan nya jadi hal yang penting untuk perkembangan anak nantinya. ortu gak bisa cuek dan menyerahkan pengasuhan pada lembaga pendidikan seperti sekolah atau neneknya. ortu tetep harus yang megang kendali. karena ortu, sudah jelas merupakan sekolah pertama anak ya

  • ilmair.com (endah nurzaira)
    ilmair.com (endah nurzaira) 17 May 2023 at 18:59

    Pengawasan anak oleh orang tua memang jadi satu bagian yang penting - masuk ke dalam ranah pengasuhan ya, wajib bagi orang tua untuk mengawasi apa yang anaknya lakukan dan mendidiknya dengan baik. Jangan sampai orang tua cuek terhadap anak-anaknya. Pola pengasuhan ini pasti berpengaruh juga pada masa depan anak

  • Arai Amelya
    Arai Amelya 5 June 2023 at 05:44

    Kadang kalau ngobrolin parenting gini, bawaannya aku pengen kabur aja sih. Soalnya semacam sesuatu berat dan belum waktunya lah. Tapi malah harusnya belajar soal pengasuhan bahkan sebelum menikah yak

  • arigetas.com
    arigetas.com 6 June 2023 at 02:25

    Tentang pengasuhan anak, ini juga yang membuat kami memutuskan untuk ngga LDM demi yang namanya karir, ya gimana ya.. kasihan si anak dan pasangan juga sih. Biar sama-sama bisa ngawasin anak tanpa ada pembantu juga.

Add Comment
comment url