10 Tempat Wisata Kediri

10 Tempat Wisata Kediri

10 Tempat Wisata Kediri

Bismillah berikut catatan 10 tempat wisata Kediri

Info fullcaring berita lainnya di Google News


10 Tempat Wisata Kediri

10 Tempat Wisata Kediri

Wisata KediriWisata Kediri Terbaru

1. Air terjun Irenggolo

Kawasan wisata ini terletak di sebelah barat Sungai Brantas, tepatnya di lereng Gunung Wilis. Air terjun Irenggolo memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Sementara itu kemiringannya diperkirakan mencapai 45 derajat.

2. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare (bahasa InggrisPare English Village) adalah sebuah julukan bagi suatu perkampungan yang terletak di sekitar Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten KediriJawa Timur. Perkampungan tersebut berkembang menjadi tempat belajar Bahasa Inggris.

3. Bukit Dhoho Indah

Lokasi Bukit Dhoho Indah yang terletak di Desa Jatirejo, Kediri menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Lokasi Bukit Dhoho Indah terletak di lereng Gunung Wilis. Adapun alamat Bukit Dhoho Indah berada di Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

4. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan berupa hutan lindung alami dengan berbagai jenis pohon hutan yang luasnya kurang lebih 10 Ha. Kawasan Sumber Ubalan juga menyediakan kolam renang, kolam pancing, panggung terbuka, kolam perahu, restoran, mainan anak-anak, taman yang ditata indah dan asri.

5. Kampung Indian

Kampung Indian atau Indian Village Kediri. Lokasinya yang berada di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Wisata Kampung Indian Kediri memiliki luas sekitar 0,56 hektar yang di sekelilingnya terdapat pepohonan sengon dan nanas.

6. Goa Selomagleng

Goa Selomangleng Kediri merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kediri atau Panjalu. Kawasan ini memiliki kompleksitas daya tarik wisata yang tidak dimiliki oleh objek wisata lain di kota Kediri, yaitu potensi alam kawasan wisata yang terletak pada lereng Gunung Klotok (472 m) dan dihadapkan pada Gunung Maskumambang (300 m) serta adanya situs arkeologis sejarah Kota Kediri.

7. Gunung Kelud

Gunung Kelud telah menjadi objek wisata Kabupaten Kediri dengan atraksi utama adalah kubah lava. Di puncak Gajah Mungkur dibangun gardu pandang dengan tangga terbuat dari semen. 

8. Kampung Anggrek

Wisata Kampung Anggrek Kediri ini berada di kawasan kaki Gunung Kelud dengan ketinggian mencapai 1731 Mdpl maka sudah pasti kondisinya nyaman, hawanya sejuk, serta banyak pepohonan rindang yang berasa di sekitar lokasi.

Lokasi Kampung Anggrek Kediri terletak di Dusun Sumber Putung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur. Lokasi wisata dari Pusat Kota Kediri berjarak sekitar 30 km.

9. Taman Hijau Simpang Lima Gumul

Lokasinya berada tepat di Jalan Karanglo No. 324, Dadapan, Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Rute dari Malang bisa melewati Pare, kemudian mengarah ke Simpang Lima Gumul. Sedangkan rute dari Surabaya bisa melewati Jombang, kemudian menuju Kediri, dan berlanjut ke Simpang Lima Gumul.

10. Monumen Simpang Lima Gumul

 Salah satu bangunan yang menjadi ikon Kabupaten Kediri yang bentuknya menyerupai Arc de Triomphe yang berada di Paris, Prancis. Simpang Lima Gumul mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno. Bangunan Simpang Lima Gumul ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, tepatnya di pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Kota Kediri, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten, Kediri.


Referensi

10 Tempat Wisata Kediri

https://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Simpang_Lima_Gumul

https://www.merdeka.com/jatim/pesona-air-terjun-irenggolo-air-terjun-unik-di-perbukitan-wilis-kediri.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kampung_Inggris_Pare

https://www.nativeindonesia.com/bukit-dhoho-indah/

https://kedirikab.go.id/hiburan_sumber_ubalan

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/kampung-indian-wisata-unik-di-kediri-jawa-timur.html

https://media.neliti.com/media/publications/111534-ID-taman-wisata-sejarah-dan-budaya-goa-selo.pdf

https://www.pinhome.id/info-area/kampung-anggrek-kediri/

https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelud

https://www.pinhome.id/info-area/taman-hijau-slg-kediri/

Info fullcaring berita lainnya di Google News


10 Tempat Wisata Kediri (ilustrasi gambar pexels)
10 Tempat Wisata Kediri (ilustrasi gambar pexels)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url