Supervisi Pekerjaan Sosial, Servis Laptop di Malang
Supervisi Pekerjaan Sosial, Servis Laptop
di Malang
Supervisi Pekerjaan Sosial, Servis Laptop di Malang (Pixabay) |
Ikuti berita fullcaring lainnya di Google News
Supervisi Pekerjaan Sosial
Pekerja sosial sendiri berdasarkan International
Federation of Social Workers (IFSW) adalah Profesi
yang mendorong upaya pemecahan masalah dalam hubungan antar
manusia, perubahan sosial, pemberdayaan dan pembebasan
manusia, dan memperbaiki masyarakat.
Sulistiati (2004) di dalam Huda (2009) mengutip hasil
Pre-Conference Working for the 15th International Conference of Social Welfare
mendefinisikan kesejahteraan sosial sebagai keseluruhan usaha sosial yang
terorganisir dan mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan taraf hidup
masyarakat berdasarkan konteks sosialnya.
Supervisi (Kadushin & Harkness, 2002) adalah kegiatan yang
dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan berbagi tanggung jawab dengan
pengembangan staf untuk menolong agar memahami tugas dan tanggung jawabnya
sehingga mampu bekerja lebih efektif.
Definisi Supervisi Supervisi berasal dari bahasa latin yaitu
“Super (Over) dan Videre (To Watch, To See). Supervisor diartikan sebagai
overseer yaitu seseorang yang mampu melihat seluruh pekerjaan yang menjadi
tanggung jawab orang lain untuk memastikan kualitasnya.
Kadushin dan Harkness (2002) mengutip beberapa definisi tentang
supervisi sebagai berikut :
“Robinson, in the first
social work text on this subject, Supervision in Social Casework, defined
supervision as “an educational process in which a person with a certain
equipment of knowledge and skill takes responsibility for training a person
with less equipment (1936:53)”.
“The first edition of the
Encyclopedia of Social Work defined supervision as an educational process. It
is the “traditional method of transmitting knowledge of social work skills in
practice from the trained to the untrained, from the experienced to the
inexperienced student and worker (1965:785)”.
“The sixteenth (1971) and
seventeenth (1977) editions of the Encyclopedia emphasized the administrative
function. They defined supervision as “an administrative function, a process
for getting the work done and maintaining organizational control and
accountability (Miller 1977: 1544–1551)”. “Social work supervision as “an
administrative process with an educational purpose” (1945:95; similarly Burns
1958:6)”. “A standard group work text states that “the supervisor’s
responsibilities are both administrative and educative in nature. . . . The
ultimate objective of supervision is that through more effective effort on the
part of its workers, an agency’s services are improved in quality and its
central purposes come nearer to fulfillment” (Wilson and Ryland 1949:587)”.
Perkembangan Konsep Supervisi
Sebelum 1904 Proceedings of Conferences on Charities and
Correction (proceeding yang diterbitkan tahun 1920 dengan mengumpulkan berbagai
artikel yang mencantumkan kata “supervisi”
• Supervisi adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh pihak
berlisensi (licensing autorithy) atau perwakilan pemerintah (govermental board)
terhadap lembaga-lembaga yang memperoleh dana dari publik untuk memberikan
pelayanan kepada klien.
• Supervisi didefinisikan sebagai fungsi pengawasan (control) dan
koordinasi (coordinating)
1904 Kata supervisi pertama kali ditemukan dalam teks berjudul
“Supervision and Education in Charity” karya Jeffrey R. Backet
• Supervisi dilakukan oleh perwakilan masyarakat (public board)
dan anggota komisi kepada lembaga kesejahteraan & lembaga.
• Supervisi dipusatkan untuk melakukan inspeksi dan review
terhadap program lembaga daripada individu-individu yang bekerja di dalam
sebuah program. • Supervisi berkembang dan meluas dengan menjangkau pada upaya
meningkatkan efektivitas dan efesiensi administrasi lembaga layanan masyarakat.
Setelah Tahun 1904 The Family (subsequently Social Casework) by
the Family Welfare Association of America
• Dalam konteks untuk pelayanan dan penanganan kasus lembaga,
supervisi pekerjaan sosial didefinisikan pengembangan kemampuan praktek pekerja
sosial dari aspek pengetahuan dan keterampilan dan menyediakan dukungan
emosional terhadap individu di dalam peran pekerja sosial.
Terkini
• Pemahaman supervisi saat ini lebih difokuskan kepada individu
pekerja sosial, bukan pada program dan lembaga.
Kata supervisi ini sendiri berasal dari bahasa latin, Super
(lebih) dan Videre (menonton, atau melihat). Orang yang mengawasi disebut
supervisor, sedangkan orang yang diawasi disebut dengan supervisee. Oleh karena
itu, seorang supervisor dalam hal ini didefinisikan sebagai pengawas, yaitu
yang mengawasi hasil kerja orang lain (supervisee) dengan penuh tanggung
jawabsesuai dengan prosedur dan kebijakan yangtelah ditetapkan oleh lembaga.
Secara umum Supervisi pekerjaan sosial mempunyai 3 fungsi, yaitu :
1. Fungsi Administrasi Supervisi administrasi adalah salah satu
aspek dari supervisi yang berhubungan dengan administrasi dalam suatu konteks
organisasional. Tujuan dari adanya supervisi administrasi ini yaitu untuk
menjamin kualitas pelayanan yag diberikan terhadap klien sesuai dengan
kebijakan dan prosedur yang terdapat pada lembaga tersebut.
2. Fungsi Edukatif Supervisi edukatif adalah salah satu aspek
dalam supervisi yang berkaitan dengan pemberian proses pembelajaran dan
penguatan dari seorang supervisor kepada supervisee. Tujuan dari supervisi
edukatif ini adalah memberkan transfer ilmu yaitu skill, attitude, dan
knowledge kepada supervisee.
3. Fungsi Dukungan Supervisi dukungan atau supportif
merupakan salah satu aspek dari supervisi yang berfungsi untuk memberikan dukungan.
Terdapat tiga kualitas keadaan yang mendasari relasi supervision
yang baik: keaslian, saling hormat dan berpikir positif, serta saling investasi
atau keterbukaan untuk saling belajar.
Karakteristik Supervisi Terkait dengan pelayanan lembaga sosial,
maka karakteristik pelayanan supervisi dideskripsikan sebagai berikut (Kadushin
& Harkness, 2002) :
1. Supervisi
sebagai pelayanan tidak langsung (indirect service) Posisi supervisor di
lembaga sosial adalah memberikan pelayanan yang bersifat tidak langsung.
Komunikasi antara supervisor dengan klien dilakukan melalui staf/pekerja sosial
yang berhubungan dengan klien.
2. Supervisi
sebagai proses interaksional Pelayanan supervisi memang berinteraksi dengan
staf mulai sejak awal ketika dinyatakan diterima bergabung di dalam tim
supervisor sampai dengan pelaksanaan tugas yang kelak diukur kualitasnya
melalui monitoring dan evaluasi.
3. Supervisi
untuk mencapai tujuan (means to an end) Kegiatan pelayanan supervisi yang
dilaksanakan adalah mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai
lembaga dan profesi dengan tujuan agar menjadi kerangka bersikap serta tingkah
laku pekerja sosial ketika berinteraksi dengan klien.
Kode nilai etika tersendiri yang harus dipegang teguh oleh seorang
supervisor ketika bekerja dengan supervisee antara lain meliputi:
1. Harkat dan Martabat Seseorang; prinsip etik pertama adalah
menghormati harkat dan martabat seorang pekerja sosial yang tersupervisi.
Pekerjaan sosial merupakan profesi yang melibatkan diri langsung baik dalam
setting individu, keluarga, kelompok maupun masyarakat.
2. Mementingkan Hubungan Kemanusiaan; Mementingkan hubungan
kemanusiaan merupakan prinsip etik dari pekerja sosial beserta supervisor yang
mengakui dan mengutamakan hubungan kemanusiaan. Hubungan kemanusiaan (human
relationship) adalah unsur yang sangat penting di dalam proses
perubahan sosial.
3. Integritas; Intergritas merupakan salah satu prinsip nilai
etik, yang pada intinya supervisor pekerja sosial harus mempunyai perilaku yang
dapat dipercaya.
4. Kompetensi. Prinsip etik dari nilai ini adalah supervisor
pekerja sosial harus mempraktikkan keahlian profesionalismenya dalam proses
pertolongan dan bimbingan kepada pekerja sosial yang tersupervisi olehnya.
Supervisi pekerjaan sosial
ini di dalam praktiknya secara umum memiliki tiga fungsi yang ada, yaitu fungsi
administratif, fungsi edukatif, dan fungsi dukungan atau supportif.
Hubungan antara supervisor dan supervisee adalah sumber utama yang
memuat ketegangan dan dukungan (Anderson, Schlossberg, dan Rigazio-DiGilio
2000; Hagler dan Casey 1990; Watkins 1997). Mayer dan Rosenblatt, yang memperoleh
sekitar 233 protokol situasi stres yang dihadapi oleh praktisi kerja sosial,
menyatakan bahwa "kecemasan pekerja pada dasarnya merupakan fungsi dari
dua hubungan utama di mana dia terlibat, hubungannya dengan atasannya dan
hubungan kliennya" (Mayer dan Rosenblatt 1973b: 3).
Supervisi ini di dalamnya mencalup perolehan ketermapilan praktis,
penguasan pengetahuan teroritis atau teknis, dan
pengembangan professional. (Ferguson dalam Davis).
NASW, 2013 menjelaskan:
untuk tujuan standar supervisi ini, supervisi
profesional didefinisikan sebagai hubungan antara supervisor dan
supervisee di mana tanggung jawab dan
akuntabilitas untuk pengembangan kompetensi, sikap, dan
praktik etis berlangsung.
Supervisi Pekerjaan Sosial
DAFTAR PUSTAKA
https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/14391/6945
https://www.researchgate.net/publication/326516419_MENINGKATKAN_KAPABILITAS_PEKERJA_SOSIAL_MELALUI_SUPERVISI_PEKERJAAN_SOSIAL
https://repository.unej.ac.id/
Huda, Miftachul. 2009. Pekerjaan Sosial dan Kesejahteraan Sosial:
Sebuah Pengantar. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kadushin, Alfred dan Daniel Harkness. 2002. Supervision In Social
Work (Fourth Edition). New York & Chichester: Columbia University Press.
Kent, Bessie. 1969. Social Work Supervision in Practice. Oxford,
London, Edinburgh, New York, Toronto, Sydney, Paris, Braunschweig : Pergamon
Press.
Raharjo, ST. 2015. Assessment untuk Praktik Pekerjaan Sosial dan
Kesejahteraan Sosial. Bandung: Unpad Press
_________, 2015. Dasar Pengetahuan Pekerjaan Sosial.
Bandung: Unpad Press.
_________, 2015. Keterampilan Pekerjaan Sosial: Dasar-dasar.
Bandung, Unpad Press.
Kadushin, Alfred. & Harkness,
Danie. 2002. Supervision in Social Work.
New York: Columbia University Press.
Davyz, Allyson. & Beddoe Liz. 2010. Best Practice in
Professional Supervision. Philadelphia: Jessica Kingsley
Publisher.
National Association of Social
Workers. 2013. Best Practice in Social Work
Supervision. Washington, D.C.: NASW
Anonim. BAB II. Melalui,
<http://digilib.unila.ac.id/11660/20> (22-05-17)
IFSW. Statement of Ethical Principles. Melalui,
<http://ifsw.org/policies/statement-of-ethical-principles/> (22-05-17)
IFSW. Global Defiition of Social Work. Melalui, <http://ifsw.org/policies/definition-of-social-work/>
(22-05-17)
Raharjo, ST. 2015. Assessment untuk
Praktik Pekerjaan Sosial dan Kesejahteraan Sosial.
Bandung: Unpad Press
Ikuti berita fullcaring lainnya di Google News
Servis Laptop di Malang
Servis Laptop di Malang
Ikuti berita fullcaring
lainnya di Google News
Tempat servis laptop di Malang Jawa Timur
dapat jadi pemecahan buat kalian yang laptopnya bermasalah serta lagi terletak
di kota berjuluk Paris Van East Java. Laptop sudah jadi kebutuhan di golongan
para pelajar serta pekerja berusia ini. Selaku kota pelajar, jumlah pengguna laptop serta pc di
Malang telah benda pasti lumayan besar.
Servis Laptop di Malang
1. Ijen Computer
Tempat service laptop di Malang pertama adalah
Ijen Computer. Terletak di Jl. Besar Ijen 77B, Malang, Jawa Timur, Ijen
Computer melayani service laptop berbagai merek dengan harga terjangkau.
Selain itu, Ijen Computer juga melayani service printer dan service VGA Card.
Dikenal dengan pelayanan yang cepat, teknisi hanya membutuhkan waktu kurang
dari 15 menit - 30 menit untuk menganalisa kerusakan laptop Anda. Pengecekan
ini GRATIS, apabila dibutuhkan biaya untuk penggantian atau perbaikan
sparepart, tim teknisi Ijen Computer akan meminta persetujuan terlebih dahulu.
2. Bedjo Laptop
Terletak di Jalur
Bendungan Sutami No 8B, Bedjo Laptop menawarkan bayaran servis yang tidak buat
kantong bolong. Lokasinya masih dekat dengan posisi kampus- kampus besar
semacam Universitas Brawijaya, Universitas Negara Malang, serta Universitas
Muhammadiyah Malang. Ini menjadikannya salah satu tempat servis laptop kesukaan
mahasiswa.
Go Laptop
Beralamat di Jalur
Saxophone No 1 A, Go Laptop diketahui selaku tempat servis laptop dengan proses
pekerjaan yang kilat. Buat biayanya pula enggak buat nangis, cocok dengan
keadaan kehancuran laptop. Untuk para Macbook users, di mari pula sediakan jasa
servis buat Macbook.
Servis Laptop di Malang
Servis Laptop di Malang
3. Ganksar Service
Laptop
Beralamat di depan
Kantor Polsek Sukun, tepatnya di Jalur S Supriadi No 112. Di mari pula
menawarkan servis laptop serta printer dengan pengerjaan yang kilat. Soal harga? Tenang, jasa servis di mari pula sangat
terjangkau sehingga sesuai buat pelajar serta mahasiswa.
4. Ely Computer
Tempat servis ini yang
satau ini terletak di Jalur Tlaga Warna Blok A29 Tlogomas. Ely Computer
menawarkan jasa servis laptop dengan pelayanan yang ramah dan waktu pengerjaan
sangat lama 2x24 jam. Nyatanya cepet banget dong jika kalian lagi urgent? Itu
ia 4 tempat servis laptop yang jadi saran iNews. id. Laptop kalian bermasalah
serta bimbang metode mengatasinya? Membawa saja ke tempat servis lekas atasi
saat sebelum terlambat!
5. Goodlaptop Malang
Alamat service laptop di
Malang, Jln. Pisang Kipas Nomor. 31, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang,
Jawa Timur– 65141
Facebook: Goodlaptop
Malang
Google Place:
Goodlaptop+Malang
Twitter:@goodlaptopmlg
Instagram:@goodlaptopmlg
WhatsApp: 0811 364 1985
Telegram: 0811 364 1985
Call or SMS: 0811 364
1985
Web: www.
goodservicelaptop. com
Menerima service laptop
malang, kasus seluruh type laptop, notebook, netbook, chrome os, chromebook,
ultrabook, membuat bimbang serta membatasi proses pengerjaan kita, baik
pekerjaan kantor, rumah, tugas kuliah ataupun sekolah. Goodlaptop siap menolong
seluruh kasus service laptop serta pc yang rusak yang butuh penindakan service
laptop serta revisi MacBook Kamu. Jangan takut sebab kami melayani service
laptop malang, service MacBook malang, serta service pc Malang.
Melayani seluruh kehancuran service laptop di Malang, serta
kehancuran MacBook di Malang, installasi Sistem Pembedahan, instal macOS
melayani seluruh merek laptop maupun model MacBook. berlokasi di Malang Kota
dekat kampus Brawijaya UB serta Politeknik Negara Malang POLINEMA membuat lebih
gampang diakses dari kedua kampus tersebut serta sangat gampang dijangkau dari
posisi manapun.
Menerima serta melayani service laptop di Malang, repair laptop di
Malang. Bermacam hambatan, kerusakkan laptop bisa kami perbaiki serta
selesaikan dengan kilat. Kami telah banyak melayani pelanggan service laptop di
Malang, service laptop di Batu( Kota Wisata Batu), service laptop di Kota
Malang Raya, service laptop Malang wilayah Sawojajar, service laptop dekat
Dinoyo Malang, service laptop dekat Sumbersari Malang, service laptop dekat
Gajayana Malang, service laptop wilayah Sukun, Kepanjen serta Malang Selatan.
Service Laptop Malang Terpercaya, Goodlaptop Pilihannya.
Servis Laptop di Malang
1.
https:// jatim.inews.
id/ kabar/ tempat- service- laptop- di- malang- jawa- timur/ 3.
2.
https://
www.goodservicelaptop. com/ 2020/ 04/ service- laptop- malang- cepat- murah-
bergaransi. html
Contoh bisnis saat perjalanan ataupun di sekitar pegamatan saat ini
mudah dijumpai sepertinya, contoh bisnis disesuaikan kemampuan, ketrampilan, tren kebutuhan
pelanggan atau manusia dan semacamnya.
Contoh bisnis ada beragam bentuknya, mari kepoin yuk
diantaranya sebagai berikut ini sahabat eureka-pedia
5 Contoh Bisnis Mudah
Ditemui, Kepoin Yuk
Pertama, contoh bisnis kuliner, makanan dan minuman
Contoh bisnis kuliner, makanan dan minuman menjadi
focus contoh bisnis yang familiar di pedesaan, perkotaan. Contoh
bisnis tersebut memiliki nilai
ekonomi yang terus bergerak dan tumbuh di masyarakat.
Contoh bisnis kuliner,
makanan dan minuman di perkotaan bisa berupa depot, restoran wujud bisnisnya.
Keahlian, ketrampilan maupun kemauan merespon kebutuhan masyarakat perkotaan
saat jam akan masuk kantor, istirahat, maupun selepas aktifitas dengan segala
bentuk kegiatan, bekerja.
Contoh bisnis kuliner, makanan dan minuman acapkali
menjadi satu bagian tidak terpisahkan karena selepas kegiatan, bekerja pada
umumnya manusia membutuhkan energy berupa asupan makanan, minuman halal dan
menyehatkan. Contoh bisnis kuliner misalkan depot masakan padang mudah dijumpai
keberadaannya. Ingin merasakan masakan Padang tinggal mencarinya di sekitar
tempat tinggal insya Allah bisa didapatkan dengan baik dengan pilihan menu yang
tersedia.
Contoh bisnis kuliner biasanya diidentikkan dengan
lokasi kuliner tersebut dirintis. Contoh depot masakan Padang, Bakso Malang,
Gudeg Jogja, Pecel Madiun, Pecel Blitar dan lain sebagainya.
Kedua, contoh bisnis umrah dan haji
Contoh bisnis umrah dan haji
masih melekat sebagai bagian kebutuhan muslim yang dikaruniai kemampuan
finansial dan niat untuk beribadah ke tanah suci. Ibadah umrah maupun haji
menjadi kebutuhan muslim dimanapun berada. Memilih penyelenggara agen umrah dan
haji yang aman akan menadi pilihan utama muslim yang akan berangkat menunaikan
ibadah umrah dan haji. Biro perjalanan resmi dan terdaftar akan menjadi
rekomendasi pengguna agar melaksanakan ibadah tersebut dengan baik dan
membawa keberkahan selama dan setelah menunaikan umrah dan haji.
Ketiga, contoh bisnis jasa perjalanan wisata
Contoh bisnis jasa perjalanan wisata pun semakin
diminati oleh masyarakat di saat ingin merelaksasi pikiran, menambah kerinduan
terhadap perjalanan wisata baik alam maupun semacamnya.
Contoh bisnis jasa perjalanan
wisata pun telah memiliki beragam paket wisata disesuaikan anggaran pemilih dan
tujuan wisata.
Kenyamanan saat perjalanan baik kendaraan, pemandu sampai konsumsi
menjadi pilihan prioritas pelanggan dan calon pelanggan. Contoh bisnis jasa
perjalanan ini pun telah melesat bak angina dan menjamur keberadaannya. Pesannya
pilih contoh bisnis jasa
perjalanan yang aman, nyaman.
Keempat contoh bisnis digital
Contoh bisnis digital masih menjadi primadona era dewasa ini baik pribadi,
komunitas sampai kelembagaan bahkan dunia industry. Contoh
bisnis digital seperti digital
agency, marketing agency. Contoh bisnis digital ini dijalankan oleh pribadi,
agen yang memiliki kompetensi digital dan dibutuhkan kepercayaannya oleh klien.
Kelima contoh bisnis property
Contoh bisnis property ini menjadi tren di masyarakat.
Property merupakan kebutuhan primer manusia. Contoh bisnis property seperti jual beli rumah, tanah
dan semacanya akan memfasilitasi masyarakat.
5 Contoh Bisnis Mudah
Ditemui, Kepoin Yuk
Alhamdulillah 5 contoh bisnis mudah dijumpai semoga bermanfaat bagi
pembaca, aamiin.
Peluang Bisnis Selalu Hadir
Peluang bisnis semakin terbuka di era digital dan dibutuhkan
sebagian besar manusia dalam implementasinya. Peluang
bisnis merupakan sejumlah
harapan yang akan dilakukan melalui pemberdayaan usaha ekonomi untuk
mendapatkan kesejahteraan finansial. Peluang bisnis selalu terbuka pada saat akan dilakukan
melalui sejumlah kesempatan, perencanaan, pelatihan, pendampingan maupun kreatifitas
pemberdayaan ekonomi usaha.
Peluang bisnis akan dijumpai ketika ada keberanian
memulai usaha dengan sejumlah tantangan yang akan ditemui nantinya. Tantangan
tersebut bukanlah penghalang untuk menjalankan peluang
bisnis di depan kita.
Peluang Bisnis Didapatkan Melalui Apa
Peluang bisnis didapatkan melalui sejumlah rangkaian
kesempatan, perencanaan, keinginan untuk berubah secara baik di sisi
kreatifitas finansial ekonomi. Kreatifitas ekonomi bisa melalui sejumlah
percontohan, pendampingan melalui praktisi ekonomi usaha.
Percontohan, pendampingan usaha di era digital ternyata berkembang
sangat baik. Sejumlah aplikasi ekonomi dan usaha berkembang melesat membuka
cakarawa peluang bisnis. Peluang bisnis menjadi semakin kreatif dengan modal yang dimiliki oleh
pelaku usaha. Keterbatasan modal bukan menjadi penghalang namun peluang
tantangan.
Ikuti berita fullcaring lainnya di Google News