Pengertian Anak Usia Dini Menurut Unesco

Pengertian Anak Usia Dini Menurut Unesco

Pada pengetahuan saya hingga September 2021, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) tidak menyediakan definisi resmi yang khusus untuk "anak usia dini." Namun, istilah ini secara umum mengacu pada masa perkembangan awal anak, mulai dari kelahiran hingga sekitar usia 8 tahun. Fase ini adalah periode penting dalam perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial anak.

 

https://images.pexels.com/photos/5995833/pexels-photo-5995833.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=400
https://images.pexels.com/photos/5995833/pexels-photo-5995833.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=400


Pentingnya perhatian khusus pada anak usia dini diakui secara luas karena fondasi yang diletakkan selama masa ini akan mempengaruhi pembelajaran, keterampilan, dan perkembangan selanjutnya mereka di masa dewasa. Selama periode ini, anak-anak memiliki kemampuan untuk menyerap informasi dengan cepat, sehingga memberikan lingkungan yang baik untuk belajar dan pertumbuhan sangat penting.

 

Pendekatan pendidikan anak usia dini berfokus pada metode yang cocok untuk perkembangan anak pada tahap-tahap awal, yang melibatkan permainan, eksplorasi, dan interaksi sosial sebagai bagian penting dari pembelajaran mereka. Hal ini dirancang untuk merangsang minat anak, meningkatkan kreativitas, dan membangun keterampilan sosial yang diperlukan untuk berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

 

Meskipun UNESCO tidak memberikan definisi khusus, organisasi ini memiliki peran penting dalam mendukung program pendidikan anak usia dini di seluruh dunia melalui berbagai inisiatif dan proyek yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak di tahap awal perkembangan mereka.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url