Perawatan dan Pengasuhan Anak Usia Dini

Perawatan dan Pengasuhan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini


Buka aplikasi Google Berita di perangkat Android atau iOS, lalu login dengan Akun Google Anda. 

Jika mengikuti publikasi ini, Anda akan melihatnya di Favorit dan di link ini:

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMImvyAswucrfAw


Pendidikan Anak Usia Dini adalah pembinaan anak dari sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pembinaan ini dilakukan sebagai bantuan perkembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut. Selain itu Pendidikan di usia dini dapat menstimulus perkembangan emosional anak dan intelektual anak. 


Pengertian Anak Usia Dini

Anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-8 tahun.

Menurut Beichler dan Snowman (Dwi Yulianti, 2010: 7), anak usia dini adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun. 

Sedangkan hakikat anak usia dini (Augusta, 2012) adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, sosio emosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi yang khusus yang sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut.

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, anak usia dini ialah anak sejak lahir sampai usia enam tahun.

Pendidikan Anak Usia dini mengacu pada pendidikan yang diberikan kepada anak usia 0-6 tahun atau sampai dengan 8 tahun.7 Menurut pendapat Feld dan Baur, anak usia dini dibagi menjadi: lahir sampai 1 tahun (bayi - infancy), 1-3 tahun (fodder), 3-4 tahun (prasekolah), 5-6 tahun (kelas awal Sekolah Dasar), dan 7-8 tahun (kelas lanjut Sekolah Dasar).

Menurut Aisyah, beliau menyatakan bahwa anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-8 tahun, yang tercakup dalam program pendidikan di taman penitipan anak, penitipan anak pada keluarga (family child care home), pendidikan prasekolah baik swasta maupun negeri, TK dan SD.

Menurut Landshears menyatakan bahwa perkembangan kognititf pada anak usia dini 4-8 tahun sudah mencapai 30%. Menurut Martha B. Bronson membagi rentang masa anak usia dini didasarkan pada penelitian perkembangan motorik halus, motorik kasar, sosial dan kognitif serta terhadap perkembangan perilaku bermain dan minat permainan.


8 Standar Pendidikan Anak Usia Dini

AdA 8 Standar PAUD terdiri atas:

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak;

Standar Isi;

Standar Proses;

Standar Penilaian;

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;

Standar Sarana dan Prasarana;

Standar Pengelolaan; dan

Standar Pembiayaan.

Perawatan dan Pengasuhan Anak Usia Dini

Referensi

https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Materi%204%20Konsep%20Delapan%20Standar%20PAUD%20dan%20PNF%20untuk_1531725226.pdf

https://idr.uin-antasari.ac.id/13927/5/BAB%20II.pdf

https://eprints.uny.ac.id/7778/3/bab%202%20-%2009111247009.pdf

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini

https://pontren.com/2019/01/14/8-standar-paud-pendidikan-anak-usia-dini/


Perawatan dan Pengasuhan Anak Usia Dini (Ilustrasi gambar pexels)
Perawatan dan Pengasuhan Anak Usia Dini (Ilustrasi gambar pexels.com)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url