Smart Islamic Parenting, Bijak dan Cerdas Mendidik Anak

Smart Islamic Parenting, Bijak dan Cerdas Mendidik Anak

Smart Islamic Parenting, Bijak dan Cerdas Mendidik Anak

Info fullcaring berita lainnya di Google News

Penulis buku Dr. Jasim Muhammad Badr Al Muthawwa' doktor bidang "Konsep Pendidikan Kepemimpinan Anak" sebagai penulis Smart Islamic Parenting, Bijak dan Cerdas Mendidik Anak. Penyusun Ahmad Fadhail Hosni, Lc., M.H. Penerbit Pustaka Cahaya Peradaban, Waru Sidoarjo Jawa Timur.

Buku terdiri enam bab, 366 halaman. Bab pertama pendidikan iman dan ibadah. Bab kedua pendidikan akhlak. Bab ketiga pendidikan emosional. Bab keempat pendidikan intelektual dan finansial. Bab kelima pendidikan dan masalah remaja. Bab keenam kesalahan dan kaidah mendidik anak.

Bab pertama ada beberapa pembahasan seperti tahapan pendidikan iman, ide sederhana mendidik anak, agar anak menjadi qurrata a'yun, ketika anak ingin melihat Allah, ketika anak bertanya, mengapa Allah menghukum anak, dialog dengan remaja, mengapa Allah menghisab kita, bagaimana berbicara dengan anak seputar hari akhir, pelajaran pendidikan dari kisah penyembelihan, pelajaran dari kisah Yusuf Alaihis Salam, 'hukum pohon' untuk pendidikan anak, agar anak cinta shalat, agar anak cinta shalat tarawih, ide agar anak gemar sedekah.


Smart Islamic Parenting, Bijak dan Cerdas Mendidik Anak (Gambar Pustaka Cahaya Peradaban)
Smart Islamic Parenting,
Bijak dan Cerdas Mendidik Anak (Gambar Pustaka Cahaya Peradaban)


Bab kedua, dialog dengan para bunda di Eropa, cara mengatasi anak berbohong, mendidik dengan sikap lebih penting dari seribu nasihat, agar anak tidak malas, anak keras kepala (bandeng) bagaimana mengatasinya, faidah tarbawi di rumah makan, cara cerdas menghukum anak, ta'dib, menyelamatkan anak dari teknologi, pelajaran di hari raya, cara menangani kesalahan anak.


Arti Parenting, Apa Itu Parenting

Menurut Surbakti (Parenting Anak-Anak : 2012:3), parenting merupakan suatu cara orangtua untuk mengajarkan pola interaksi dan relasi yang patut kepada anak, atau cara terbaik yang ditempuh oleh orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak. 


Parenting

Parent adalah seseorang yang mendampingi dan membimbing semua tahapan pertumbuhan anak, yang merawat, melindungi, mengarahkan kehidupan baru anak dalam setiap tahapan perkembangannya (Brooks, 2001). 


Hoghughi (Parenting-An Introduction. Journal Of Cross Cultural Psychology : 2004) menyebutkan bahwa pengasuhan mencakup beragam aktifitas yang bertujuan agar anak dapat berkembang secara optimal dan dapat bertahan hidup dengan baik. 


Sedangkan menurut Shohib (Pola Asuh Orangtua : 1998:20), Parenting adalah upaya orang tua yang diaktualisasikan pada penataan lingkungan sosial, lingkungan budaya, suasana psikologis serta perilaku yang ditampilkan pada saat terjadinya pertemuan dengan anak-anak.


Pengasuhan

Brooks (The Processof Parenting : 1991) juga mendefinisikan pengasuhan sebagai sebuah proses yang merujuk pada serangkaian aksi dan interaksi yang dilakukan orangtua untuk mendukung perkembangan anak


Toxic Parenting

Toxic parenting adalah penerapan pola asuh orangtua yang mengacu pada perilaku yang tidak baik dan berdampak buruk bagi anak, baik secara mental maupun fisik anak. Toxic parenting dalam jangka panjang akan menyebabkan karakter dan perilaku anak berpotensi mengikuti yang selama ini dialami dan kurang baik.


Good Parenting Quotes

"Tidak ada pemberian orang tua kepada anak yang lebih utama daripada pendidikan yang baik (HR. Tirmidzi).


Referensi

http://repositori.unsil.ac.id/

Smart Islamic Parenting, Bijak dan Cerdas Mendidik Anak, Pustaka Cahaya Peradaban


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url